Berkunjung Ke Museum Tsunami

Alarm Handphone ku berbunyi aku langsung bergegas bangun dari tempat tidur ku dan langsung mandi. Seusai mandi aku mengenakan baju dan tak lupa sarapan pagi. Setelah semuanya siap aku pergi mengantar adik ku ke sekolahnya, di perjalanan aku berfikir ” Dari pada tak tau kemana mendingan ke museum tsunami aja šŸ™‚ “. Selesai antar adik aku langsung bergegas ke museum tsunami, tak lama aku sampai di Museum Tsunami.

Bangunan yang di desain oleh arsitektur bernamaĀ Mochamad Ridwan Kamil, ST. MUDĀ ini mempunyaiĀ empat lantai dengan luas 2.500 mĀ² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Sesusai merkirkan motor aku di sarankan oleh petugas Museum untuk menitipkan tas di tempat penitipan barang, kemudian aku bergegas untuk masuk dan sekalian mengambil beberapa foto. Sebelum sampai pintu masuk aku melihat ada helikopter polisi yang sudah tak utuh lagi bentuknya.

1

Helikopter dekat pintu masuk

Tak lama di heli aku langsung masuk ke dalam, saat aku masuk aku di beri informasi oleh karyawan Museum,

“Dek mohon tidak menggunakan kamera di dalam ruang Audio Visual”
“ya kak” jawab ku

Setelah dari lobi aku memasuki trowongan, di dalam trowongan ini aku seperti di dalam gelombang tsunami dengan suara dan alunan ayat suci al-quran.

2

Pintu masuk trowongan

Tak lama di dalam trowongan aku kemudian masuk ke dalam ruang slide show. Di dalam ruang ini aku menemukan LCD kecil yang menampilkan foto- foto pasca Tsunami.

Ruang Slide Show

Ruang Slide Show

Kemudian aku melanjutkan ke dalam ruang sumur doa, di dalam ruang berbentuk sumur ini, diĀ kelilingi oleh nama – nama korban Tsunami dan ku lihat ke atas terlihatĀ lafadz allah.

5

Ruang Sumur Doa

6

Nama – Nama Koban Tsunami

7

Lafadz Allah

Kemudian aku melanjutkan ke Ramp Cerobong,Ā Ramp Cerobong adalah jalan memutar, pada saat memasukiĀ Ramp Cerobong awalnya gelap tetapi tiba – tiba ada cahaya, waw keren sekali.

8

Ramp Cerobong

Ramp Cerobong menuntunku ke jembatan perdamaian, kenapa di katakan jembatan perdamaian? . mungkin karna di atas jembatan ada bendera dari seluruh negara yang ada di dunia dan di sampingĀ bendera itu bertuliskan Damai dalam bahasa masing – masing. Di pinggir kolam terdapat batu berbentuk bulat yang mengelilingi kolam, di batu itu bertuliskan nama – nama negara yang membantu aceh.

11

Kolam

10

Jembatan Perdamaian

Setelah melewati jembatan aku melihat ruang Audio Visual, “jadi ini ruang Audio Visual?” tanya ku dalam hati. Karena penasaran aku memutuskan untuk masuk kedalam ruang itu, sebelum masuk aku harus menunggu yang di dalam keluar, sekitar 8 menit menunggu akhirnya aku di persilahkan masuk ke dalam. Rupanya di dalam ruang itu hanya ada LCD TV besar dan kursi untuk menonton, tapi keren juga sih, seperti menonton bioskop. Lampu di matikan, dan saatnya film di putar. Film yang berdurasi lebih kurang lebih 8 menit ini berisikan Aceh Pasca Tsunami sampai masaĀ rehabilitasi dan rekonstruksi. Tak terasa film nya sudah selesai, aku di persilahkan keluar dari dalam ruang itu. Tapi sayang aku tidak di perbolehkan menggunakan kamera di dalam ruang itu.

Keluar dari sana aku berjalan ke ruang Pamer Temporer, di dalam ruang itu terdapat banyak foto – foto Aceh Pasca Bencana Tsunami.

13

Ruang Pamer Temporer

14

Ruang Pamer Temporer

Setelah dari sana kemudian aku berjalan dan bertemu ruang Pamer Tsunami, di dalam ruang tersebut terdapat bukti – bukti keganasan musibah Tsunami, dan juga ada beberapa bukti miniatur yang super keren.

17 18 19 20 21 22 23 24

 

Belum puas rasanya kalo belum keliling habis di museum. Tak lama di sana, kemudian aku masuk ke dalam ruang Geologi dan ruang Pendidikan. saat aku masuk kedalam ruang tersebutĀ banyak sekali alat peraga dan terdapat komputer simulasi bila terjadi Tsunami.

25 26 28 29 30 31

 

Dan yang terakhir aku masuk ke dalam ruang donor, dalam ruangan ini terdapat lukisan – lukisan yang indah dan keren abis.Ā 32 33

Ruang ini adalah ruang terakhir yang aku kunjungi, rasa penasaran ku sudah hilang. Karna sudah puas akhirnya aku memutuskan untuk pulang ke rumah. Memang pergi ke museum itu banyak manfaatnya. šŸ™‚

Advertisements

12 comments

  1. Mantap that nyoe, eh AppIns kagadoh banner ABC nyoe šŸ˜€

    1. banner ABC mantong na bg šŸ˜€

    1. Amin, makasih bg Haris. Tulisannya bg Haris juga lengkap dan lebih keren šŸ˜€ .

  2. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    1. makasih, Tulisan yang ada di http://acehplanet.com/ juga mantap2 šŸ˜€

    1. Sudah di update, jadi lebih rapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: